SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI, SALAM PASKIBRA!!

Senin, 16 April 2012

Makna & Arti Lambang Bunga Teratai

BUNGA TERATAI



Lambang anggota PASKIBRA adalah setangkai bunga teratai yang mulai mekar dan dikelilingi sebuah gelang rantai, yang mata rantainya berbentuk bulat dan belah ketupat, yang berjumlah masing-masing 16 buah.


Lambang berupa bunga teratai yang tumbuh dari lumpur (tanah) dan mengambang diatas air, hal ini bermakna: bahwa anggota paskibraka adalah pemuda yang tumbuh dari bawah (oarang biasa) dari tanah air yang berkembang (mekar) dan membangun.


Bunga teratai berdaun bunga tiga helai tumbuh keatas dan tiga helai mendatar, tiga helai pertama bermakna: Belajar, Berani dan Berbakti, tiga helai lain bermakna: Aktif, Disiplin dan Gembira.


Mata rantai berkaitan bermakna persaudaraan yang akrab sesama generasi muda Indonesia yang ada. Di berbagai pelosok penjuru (16 penjuru arah mata angin tanah air tanpa memandang asal suku, agama, status sosial dan golongan akan membentuk jalinan mata rantai persaudraan sebangsa yang kokoh dan kuat). Sehingga menangkal bentuk pengaruh dari luar dan memperkuat ketahanan Nasional, melalui jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan yang telah tertanam dalam dada setiap anggota PASKIBRA.



ARTI DAN MAKNA LAMBANG PASKIBRA
Teratai : pohonnya di air dan akarnya di tanah melambangkan cinta tanah air



Tiga Mahkota : tiga sikap dasar
Tanggap : mudah menerima
Tanggon : tangguh dalam sikap mental
Trenggonas : tangguh dalam menerima apapun.

Tiga Kelopak : ciri dari paskibra
Belajar
Berlatih
Bekerja

16 Pasang Mata Rantai : Menunjukkan 16 arah mata angin yang berarti bahwa anggota paskibra berasal dari seluruh pelosok tanah air.
Lingkaran : melambangkan putri
Belah ketupat : melambangkan putra
Lingkaran Luar : menunjukkan satu kesatuan

0 komentar:

Poskan Komentar